Senin, 18 Desember 2017

ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya)



”PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK BANGSA DI DAERAH TERDEPAN, TERPENCIL DAN PERBATASAN INDONESIA MELALUI  PROGRAM EKSPEDISI NUSANTARA JAYA 2017”

Pendidikan dengan tegas telah tercantum di dalam pasal 31 yang bunyinya ”Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”, namun tampaknya hal ini tidak berjalan dengan baik di Indonesia. Masih kita temui anak-anak yang berkeliaran di jalan-jalan besar dengan membawa alat musik yang ala kadarnya, atau dengan dagangan yang  menggantung ditubuhnya, atau sekedar menyodorkan tangannya meminta sedikit rasa belas kasih dari orang-orang yang melintas. Hal itu mereka lakukan bersamaan dengan waktu sekolah bahkan di daerah-daerah 3T (terdepan, terluar dan terdalam) masih kurangnya pendidikan untuk anak bangsa dengan karakter Indonesia yang sesungguhnya.
Semua mengenai pentingnya pendidikan telah tercantum di catatan kenegaraan, di tambah lagi program wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah. Tapi jika semua itu di tetapkan oleh negara, namun dalam merealisasikannya tidak ada gerakan aktif yang bisa mengajak masyarakat untuk menciptakan perasaan ”senang belajar” tampaknya percuma saja. Mereka (anak-anak didaerah terpencil, terdepan dan perbatasan Indonesia dsb) yang semestinya mendapat perhatian khusus untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolah justru tampaknya agak terlupakan. Melaui pendidikan karakter maka akan terbentuk manusia Indonesia yang seutuhnya yang memahami akan nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme yang kuat, dan jiwa patriotisme dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di zaman globalisasi sekarang ini. Selain itu dalam membangun pendidikan Indonesia melalui pendidikan karakter telah menjadi tugas mahasiswa untuk menjalankan Tri Dharma Mahasiswa 3P yaitu: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Sudah seharusnya setiap mahasiswa menjiwai arti dari 3P. Sebagai mahasiswa tidaklah cukup hanya dengan menempuh kegiatan perkuliahan.   Mahasiswa juga merupakan agent of change, yaitu agen perubahan, yang maksudnya: Mahasiswa dituntut untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia salah satunya melalui program Ekspedisi Nusantara Jaya 2017.    
 
Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti. Ada 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter antara lain:


  1. Religius
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja Keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa ingin tahu
10.  Semangat Kebangsaan atau Nasionalisme
11.  Cinta Tanah Air
12.  Menghargai Prestasi
13.  Komunikatif
14.  Cinta Damai
15.  Gemar Membaca
16.  Peduli Lingkungan
17.  Peduli Sosial
18.  Tanggung Jawab

Melaui Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 sangat diharapkan 18 Nilai Pendidikan Karakter dapat terciptanya anak-anak Indonesia yang memiliki jiwa karakter Indonesia yang seutuhnya melalui proses pembelajaran dikelas, kegiatan ekstrakurikuler maupun saat dirumah dan dimasyarakat hal ini sangat penting untuk bisa membentuk anak-anak Indonesia apalagi di zaman globalisasi sekarang ini mulai tergerusnya budaya Indonesia seperti budaya sopan santun, tata krama yang tergerus oleh zaman globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Kebenaran Dalam konteks Pancasila

Artikel ‘Kebenaran Dalam Konteks Pancasila Diajukan Untuk Memenuhi Tugas mata kuliah filsafat pancasila              DOSEN PEMBIMBING ...