Senin, 18 Desember 2017

2014 AWAL (ERFAN NAFARIN)



Program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan adalah salah satu program studi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas lambung mangkurat yang menjadi salah satu program studi yang menurut saya sangat penting bagi pendidikan di Indonesia karena program studi ini merupakan satu-satunya program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang ada di provinsi kalimantan selatan. Alasan mengapa memilih jurusan ini adalah selain karena menurut saya guru PPKn sangat dibutuhkan sekarang ini berkaitan tentang bagaimana membangun generasi muda yang tidak melupakan nilai-nilai luhur sebagai bangsa Indonesia tetapi juga pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sebagai tombak panutan bagi pendidikan karakter untuk generasi muda. Selain itu secara pengalaman ketika dibangku SMA saya mendapatkan gelar master PKn karena nilai-nilainya selalu diatas rata-rata yang membuat saya percaya memang saya memiliki kompetensi untuk menjadi guru PPKn selain karena keilmuannya tetapi juga untuk membangun generasi muda yang berkarakter Indonesia.
            Mengapa saya perlu mendapatkan beasiswa? Saya adalah anak yang sangat memikirkan bagaimana keberlangsungan pendidikan. Saya seorang anak yatim piatu yang sudah lama ditinggal orang tua, sehingga tidak ada yang memperhatikan pendidikan saya. Tapi tanpa disadari diri ini memaksa untuk terus keep up bahwa kamu bisa seperti orang lain jika kamu mau untuk itu. Saya membuktikan dengan selalu mendapatkan prestasi dari segala bidang dari olahraga, seni, akademik, olimpiade dan lain-lain. Prestasi itu terus mengalami peningkatan sampai dibangku kuliah yang pada dasarnya adalah bahwa saya ingin membuktikan pada orang lain saya bisa. Untuk mencapai kesuksesan dalam dunia pendidikan juga memerlukan bantuan orang lain untuk mewujudkannya salah satunya adalah dengan mendapatkan beasiswa. Melalui beasiswa karya salemba empat ini saya sangat berharap bisa menjadi bagian dari karya salemba empat untuk bisa berkotribusi untuk kemajuan Indonesia.
Ada beberapa rencana yang akan saya lakukan setelah lulus dari S1 Prodi PPKn Universitas Lambung Mangkurat antara lain adalah (1) melanjutkan S2 PPKn melalui beasiswa LPDP saya berharap bisa diterima untuk bisa melanjutkan S2 karena saya punya impian menjadi guru bagi para guru-guru disekolah, (2) jika tidak diterima dengan beberapa kali usaha saya akan mencoba mendaftarkan diri di program kemendikbud SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) saya ingin jadi guru di pedalaman kalimantan tepatnya diperbatasan Indonesia-Malaysia. Karena bagi saya itu tantangan luar bisa untuk menjadi guru didaerah perbatasan dan saya ingin menjadi lilin kecil bagi Indonesia di ujung perbatasan, menjadi lilin-lilin yang menerangi Indonesia dari kejauhan. Karena saya yakin Indonesia tidak butuh sebuah obor yang terang di ibu kota, tetapi sebuah lilin-lilin yang terus menyala di setiap daerah. Namun jika saya tidak berhasil untuk itu saya akan pergi sendiri merantau keperbatasan untuk menjadi guru karena saya yakin dengan niat hati yang ikhlas berbuat baik untuk sesama insyaallah tuhan akan kasih jalan yang baik untuk menuju itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Kebenaran Dalam konteks Pancasila

Artikel ‘Kebenaran Dalam Konteks Pancasila Diajukan Untuk Memenuhi Tugas mata kuliah filsafat pancasila              DOSEN PEMBIMBING ...